Tempat ngabuburit di bulan puasa merupakan satu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan di kalangan banyak orang jaman sekarang. Menghabiskan waktu sambil menunggu waktu berbuka tiba dengan cara yang bermanfaat pula. Jadi, ngabuburit tidak hanya menghabiskan waktu begitu saja tapi ada quality time di dalamnya. Menurut aku pribadi begitu. Ada yang memilih cafe atau restoran, ada yang memilih hotel, ada juga yang nagbuburit di alam terbuka, karena aku senang dengan segala sesuatu yang berbau alam jadi akan membahas sebuah tempat yang cocok dijadikan tempat ngabuburit.
Beberapa orang ada yang ngabuburit bersama pasangan, keluarga, maupun teman. Mencari tempat yang nyaman juga jadi incaran banyak orang. Apalagi di zaman sekarang, semua tempat berlomba untuk tampil instagram-able, agar orang-orang ramai berkunjung. 
Begitu pula di kampung halamanku, semenjak kembali ke Sambas, sejak hamil aku ingin sekali berkunjung ke suatu tempat, danau Sebedang namanya. Meski tempat ini dulunya dianggap tempat yang kurang baik namun sekarang sudah jauh lebih baik karena pengelolaan masyarakat setempat dalam mengubah image-nya. 
Danau Sebedang terletak secara administratif masuk ke dalam Kecamatan Sebawi Kabupaten Sambas. Sebuah danau dengan legenda Bujang Nadi Dare Nandung di dalamnya. Di danau ini menghamparkan keindahan alam dengan sebagian terdapat pemukiman masyarakat dan dikelilingi bukit-bukit kecil. Luas danau kurang lebih 1 kilometer persegi dan berjarak 12 meter dari pusat Kota Sambas.
Danau Sebedang
Menikmati Pemandangan Danau Sebedang. Doc by: Noor Aini


Banyak yang berkunjung kesini di sore hari atau akhir pekan. Sembari menikmati pemandangan danau dan menikmati minuman dan makanan cafe-cafe kecil di sekitarnya. Dan menurutku cocok untuk dijadikan tempat ngabuburit. Bahkan ada juga cafe yang menyajikan seafood di sini. Saat Omar sudah bisa duduk tegak nanti akan kuajak dia ke sini karena saat di dalam perut belum kesampaian. Hihihi
Danau Sebedang
Pemandangan Danau Sebedang


Perjalanan ke danau Sebedang dari rumahku tidak memakan waktu lama, cukup 10-15 menit menggunakan motor. Sebelum memasuki kawasan danau akan ada gerbang bertuliskan Danau Sebedang di pinggir jalan. Di sore hari terkadang banyak juga muda mudi menjadikan Danau Sebedang sebagai spot foto kece, entah itu prewed, foto keluarga maupun foto lainnya. Karena memang konsep alamnya yang masih indah. 
Danau Sebedang
Danau Sebedang


Nah, di bulan puasa ini ngabuburit jangan lupakan untuk solat tepat waktu ya! Di Danau Sebedang juga menyediakan rumah ibadah tidak jauh dari spot wisata jadi ngabuburit dan beribadah bisa dijalani dengan nyaman. Kalau kalian tempat ngabuburit favoritenya dimana?