Pengalaman Hamil di Trimester Kedua, Banyak Momen Ajaib Lainnya

Memasuki usia kehamilan trimester kedua terasa lebih ringan dibandingkan awal kehamilan yang super penuh dengan perjuangan. Konon katanya trimester kedua merupakan momen paling nyaman. Beruntung aku sudah tidak merasakan mual dan muntah berkepanjangan setiap hari lagi, flek juga sudah tidak ada dan makan sudah mulai enak meskipun tetap harus dengan porsi sedikit-sedikit. Memasuki usia 20 minggu kehamilan akhir bulan lalu, aku kembali konsultasi kehamilan dan check up rutin. Masih dengan dokter kandungan yang sama, yaitu dr. Kadek Ayu yang buka praktek di Apotik Cipto Pemangkat. Dokternya baik dan menerangkan dengan jelas setiap proses USG. Ssssttt, di usia ini jenis kelaminnya sudah kelihatan lho! Cukup bahagia saat dikasi tau sama dokter jenis kelaminnya tapi nanti aja deh publishnya, hehehe. Sebenarnya apapun jenis kelaminnya aku oke-oke aja yang penting bayiku sehat tanpa kekurangan satu apapun nantinya saat lahir. Meski tanpa keluhan-keluhan yang ada di trimester pertama, bukan berarti di usia kehamilan ini tanpa keluhan sama sekali. 

 

USG Kehamilan Trimester Kedua

Banyak momen ajaib yang aku alami di trimester kedua, di antaranya:

  1. Minum masih HARUS air mineral kemasan. Awalnya kupikir akan berlangsung di trimester pertama saja karena pengaruh hormon yang masih menyebabkan mual dan muntah. Pernah di moment Idul Fitri, air mineralku habis dan kucoba minum air galon isi ulang, alhasil makanan yang masuk dimuntahin semua. :') kupikir hanya aku yang lebay begini, ternyata selama hamil sudah ketemu 2 orang yang sama, minumnya harus air minum kemasan. Wkwk. Kalau aku lebih senang Le Miner*le
  2. Suka makanan manis, termasuk pisang goreng Srikaya, yang sebelumnya aku tidak suka, di antara para keluarga gorengan pastinya memilih yang asin dong, bakwan misalnya :) 
  3. Kembali ke masa kecil jadi suka pisang, meskipun masih milih-milih jenis pisangnya, padahal saat beranjak dewasa sebanyak apapun pisang di rumah aku makannya cukup 1 aja.
  4. Ngidam makanan olahan Chinese kayak Choipan, Kwe Tiaw dan kawan-kawan (tapi masih olahan yang halal ya..)
  5. Lebih rajin mandi, dulu saat mahasiswa 1 hari mandinya 2x paling banyak, sekarang bisa sampe 4x sehari. Rasanya gerah teruuuusss.
  6. Superrrr suka air kelapa, kata ibu sama kayak aku saat orok dulu, dia juga suka minum air kelapa waktu aku dalam kandungan guys..
  7. Jadi suka jeruk, padahal biasanya jeruk bergelimpangan di rumah tidak disentuh, 1 buah aja susah makannya.
  8. Dulu pilihan sarapan pertama itu bubur ataupun sate. Sekarang nasi kuning juga suka, bahkan di awal kehamilan ngidam nasi kuning. Tapi tetep suka sate juga dong.
  9. Badan banyak yang berubah meskipun rajin mandi. Flek hitam, jerawat di mana-mana, gatal, stretchmark. Demi buah hatiku tersayang nggak papa deh ya..
  10. Karena pernah riwayat kecelakaan dan jatuh di posisi tulang ekor sebanyak 3x dalam 1 bulan sekitar 2 tahunan lalu, jadi pas hamil nyerinya kambuh lagi. Posisi tidur jadi serba salah, sakit pinggang dan bokong. Saat bersin di posisi tiduran itu rasanya wow banget.
  11. Moody, suka nangis, overthinking. Jadi suka menjauhi hal-hal negatif atau percekcokan. Suka risih sendiri melihat orang berantem.
  12. Believe it or not, sejak usia 3 bulan dalam kandungan anakku udah mulai getar-getar, pas di USG dia nendang-nendang (risih kali ya saat ditekan-tekan), apalagi sekarang sangat aktif. Wkwkwk
  13. Tidur sering kaget kalo dengar suara-suara berisik. Dulu, mau suara apa aja nggak akan bergeming tidurku (paling susah bangun), jadi sekarang susah banget tidur.
  14. Menjelang tidur malam, suka ketawa-ketawa sendiri dan mata yang udah mulai terlelap mulai melek lagi, soalnya anak bayi pasti aktifnya minta ampun. Hehehe. Alhamdulillah tandanya sehat ya nak..
  15. Buang air kecil lebih sering siang dan malam (sejak trimester pertama juga begitu, beberapa orang bilang biasanya hanya mengalami di trimester ketiga).
  16. Mudah masuk angin mulai berkurang, tapi heartburn masih tetap ada sesekali soalnya memang ada riwayat GERD. 
  17. Momen lainnya adalah MIGRAIN. Saat masuk usia kehamilan trimester kedua migrain menyerang, padahal sebelum hamil setahun 1x aja susah migrain. Akhirnya konsultasi sama dokter dan dikasi resep obat meskipun secara hati nurani nggak pengen minum obat. Dokter juga memperbolehkan mencoba minum kopi sedikit. Dan mengejutkan sekali guys, ternyata obatnya memang harus minum kopi hitam, walau jam tidur siang menjadi terganggu bahkan susah tidurnya. :D Jadilah hampir setiap hari seperti bapak-bapak yang minum kopi hitam dikit-dikit saat migrain menyerang. Hehehe..
  18. Tetap tidak suka dengan asap. Pas mencium asap rasanya langsung sesak nafas dan mual.
  19. Suka aroma parfum yang maskulin. Entah kenapa sejak awal hamil senang sekali dengan aroma parfum cowok. Apakah anaknya cowok? Hehehe. Kita liat nanti ya..
  20. Malas dandan dan sejenisnya. Nah kata orang-orang juga gitu..

Begitulah momen-momen ajaib yang ingin aku abadikan di tulisan ini. Semoga aku dan anakku sehat selalu hingga lahiran dan pastinya diberi kekuatan untuk melewati setiap cobaan di masa kehamilan ini. Saat menulis ini alhamdulillah migrainnya nggak nongol, lagi minum es karna gerah banget dan sambil ngemil jeruk. Oh iya, menulis ini juga tujuannya untuk menghindari aku dari overthinking tentang banyak hal, salah satunya omongan orang-orang soal kehamilan; Perutnya kecil ya? Banyak banget keluhannya ya? Gendut ya? (Padahal berat badan nggak naik-naik meskipun berat janin normal), dan masih banyak yang lainnya yang sebenarnya itu sangat tidak penting untuk diucapkan, dari yang masih bisa ditoleransi sampai yang kurang ajar ingin tahu urusan "dapur" orang lain. Yah namanya juga manusia ya tak bisa kita tutup satu per satu mulutnya. Doakan saja yang baik-baik. Apapun itu bagi yang support dan menghibur selama ini aku ucapkan terima kasih banyak. Salam sehat selalu buat kita semua. Aamiin...


Comments

  1. berarti hamil di trimester kedua maslah migran timbul ya ..., yang tadinya ga pernah migran. Aku baru tahu loh ... kalau migran itu diharuskan minum kopi hitam, terima kasih informasinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya migrainnya pas hamil aja mbak. Bahkan tidur udah cukup, baru bangun tidur udah sakit kepala sebelah. Pas minum kopi hitam baru deh hilang migrainnya. Tapi minum kopinya utk ibu hamil nggak boleh banyak-banyak. Hehe

      Delete
  2. Wah pwngen ngikik aja tuh sebwlum tidur malam ketawa 2 sendiri. Sehat2 ya bun sama dedek bayinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak. Cuma bisa ketawa aja sendiri karna pas terlelap tiba-tiba perut gerak sendiri ada yg berenang dalam perut. Seolah ngajak main

      Delete
  3. Aih, dengar pengalaman hamil anak kedua yang luar biasa membuat saya jadi kepingin punya anak lagi juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sampai detik ini saya salut sama ibu-ibu yg sudah melewati momen ajaibnya masing-masing saat hamil. :)

      Delete
  4. Wow luar biasa ya pengalaman jadj ibu hamil. Seru dengan segalanya. Moga ibu dan si utunnya sehat terus yah. Dan nanti lancar persalinannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin. Makasih banyak mbak doanya. Doa yg baik2 juga buat mbak dan keluarga :)

      Delete
  5. sehat terus ya Ibu dan calon dedeknya, istriku sudah masuk ke trimester ke tiga sekarang. emang banyak yang harus di pahami karena memang masingmasing calon ibu punya karakter berbeda

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin. Makasih bang. Yeaaayy ada teman di Blogger Pontianak nanti dedek bayi 😁😁 Sehat2 buat calon debay dan ibunya

      Delete
  6. Bawaan hormon macem2 ya pas hamil. Wah banyak juga nih momen ajaibnya. Yang penting sehat-sehat aja ya. Gak udah dengerin omongan orang :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yups. Salah satu yang terberat juga menjaga diri tetap waras dan tidak mendengarkan omongan orang mbak :')

      Delete
  7. semoga lancar ya Bun sehat juga buat ibu dan bayinya sampai persalinan nanti

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin. Makasih ya mbak. Sehat selalu buat kita semua 💜

      Delete
  8. Tetap semangat dan selalu sehat ya.. Kehamilan emang rasanya nano-nano dan setiap orang beda-beda..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi. Iya mbak seru banget. Rasanya baru kemaren mual muntah, sekarang udah mulai ditendang ☺️

      Delete
  9. Tiap calon ibu memiliki pengalaman yang berbeda-beda saat sedang hamil. Nikmati saja suka dan dukanya ya.. Semoga sehat-sehat selalu dan lancar saat persalinan nanti.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin. Bener mbak. Setiap ibu beda-beda pengalamannya. Makasih ya mbak..

      Delete
  10. Setiap kehamilan memang berbeda-beda keluhan/pun ngidamnya, akupun gitu dari anak pertama sampai ketiga beda2. Ada yg bugar selama hamil ngebo istilahnya, ada yg dadi semester pertama-3 mabok terus. Btw sehat selalu ya mba sampai lahiran nanti.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin. Makasih mbak. Pantes aja surga di bawah telapak kaki ibu ya mbak. Perjuangan demi di buah hati memang benar-benar tidak mudah.

      Delete
  11. Semangat sehat selama kehamilan ya, ka..semoga dilancarkan hingga melahirkan nanti, selamat, sehat baik ibu dan bayinya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin Ya Rabbal'alamiin. Terima kasih mbak. Doa yg baik juga buat mbak dan keluarga..

      Delete
  12. Aku pas hamil trimester 2 ngerasa memang agak mendingan sih, udh gak terlalu khawatir juga, katanya sih janinnya udh mulai kuat.
    Pas usg usia 5 bln, masa udh keliatan jenis kelaminnya, duh bikin gemes.
    Btw jaga kesehatan ya sayang, semiga sehat selalu ibu dan bayinya.
    -mudrikah-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin. Yap bener mbak. Udah keliatan kelaminnya. Makasih doanya ya. Sehat2 juga buat mbak Mude

      Delete
  13. Thank you for sharing this mba, jadi lebih menghargai Ibu yg mengandung selama 9 bulan lamanya. Nanti kalau udh punya istri bisa jadi lebih aware jg

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah. Semoga semua istri dan ibu mengalami kehamilan yg menyenangkan dan sehat. Aamiin..

      Delete
  14. Huaa malah jadi sering mandi ya mba? Udara emang gerah mba, aku aja yg ga hamil gerah mulu. Dlu aq pas hamil malah pgn nangis tiap mandi nahan mual muntah. Jadi muka ku ga bisa kena air. Bahkan wudhu pun mual. Pakai air anget mendingan tapi msh mual. Akhirnya airnya aq tetesin aromaterapi kayak pepermint, mentol, atau ginger gitu. Baru aq bs mandi dan Wudhu. Wkkka. Sehat2 terus ya kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwkwkwk. Lucu2 banget ya cerita ibu hamil. Emang masing-masing dengan cerita ajaibnya. Kadang udah dilewati hal2 begituan rasanya terharu sendiri.
      Makasih juga udah sharing. 😁 btw aku habis minyak kayu putih dan minyak aromaterapi berbotol-botol juga buat masuk angin dan ngurangin mual. Wkwkwk

      Delete
  15. Halo bumil, sehat-sehat selalu ya. Ga usah overthinking, udah biasa lah orang suka komen apa aja. Perut kecil dikomenin, endut dikomen, ga hamil-hamil apalagi. Dah lah.. memang begitu hehee... Yang penting tentukan sendiri kebahagiaan kita ya. Harus bahagia loh agar anak yang sedang dikandung ikutan bahagia juga. Enjoy your life...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya nih. Lagi berusaha waras dan nggak dengerin celoteh org2 mbak. Hihihi. Makasih yaa ☺️☺️

      Delete
  16. Wahh kejadian-kejadian uniknya menambah pengetahuan dan wawasanku nih.. Jadi tau apa saja yang dirasakan saat sedang bumil, wah bisa jadi referensi nih kelak hhi

    ReplyDelete

Post a Comment