Apa itu Simian Line? Sekilas mendengarnya pertama kali aku hanya tahu line itu garis. wkwkwk. Ya, memang berkaitan dengan garis lebih tepatnya garis tangan. Simian Line diartikan dengan garis tangan yang melintang lurus tanpa ada garis putusnya di telapak tangan. Dan menurut artikel yang aku baca, orang dengan Simian Line itu hanya sedikit di dunia ini dan beberapa di antaranya adalah orang-orang penting di Indonesia bahkan dunia. Eak.

Nah, lalu apa hubungannya aku menulis ini? Kebetulan, Omar punya Simian Line di telapak tangannya, dan ada dua! Hehe. Mamak Omar sendiri "hampir" punya Simian Line. Agak terputus sedikit di bagian tengah di kedua tangan. (Agak maksa ceritanya lol). Mamak Omar iseng ngeliat di saat nyusuin Omar, saat itu dia usia 2 bulan. Maklum di keseharian bayi selalu dikasi sarung tangan trus, padahal aku suka banget jariku digenggam anak bayi ini. Isenglah membuka telapak tangannya dan sedikit kaget. Eh kok garis telapak tangannya lurus tanpa putus. Liat di tangan sebelahnya juga gitu! Hehehe. Anakku keren! Keren aja deh pokoknya! Omar double simian line!!

Double Simian line pada bayi
Simian Line tangan kanan Omar

Double Simian Line pada bayi
Simian Line tangan kiri Omar

Setelah itu cerita dengan uwannya Omar (neneknya), trus menurut kepercayaan orang-orang, siapa yang punya garis tangan begitu bahaya kalo menampar atau memukul orang, bakalan sakit sekali. Sejak kecil aku juga dikasi tau begitu. Nah saat itu tidak browsing di internet untuk cari lebih lanjut. Hingga Omar usia hampir 10 bulan sekarang. Iseng lagi aku cari di internet dan muncullah Simian Line. Oh ternyata namanya Simian Line atau nama medisnya Single Tranverse Palmar Crease. Di ilmu kedokteran orang dengan Simian Line ditemukan pada penderita Down Syndrome, Rubella Syndrome, Turner Syndrome, dll. Tapi bukan berarti yang punya garis tangan ini pasti ada kelainan, ada juga kok yang normal. Awalnya aku overthinking soal itu. Tapi Insya Allah Omar normal.

Selain dari itu garis tangan pasti tidak jauh dari Palmistry atau ilmu membaca telapak tangan untuk menentukan masa depan seseorang salah satunya. Dan aku sih tidak percaya begituan. Syirik nantinya. Yang penting bagaimana kita mendidik anak dengan baik dan bisa mendoakan orang tuanya, jadi anak soleh. Aku hanya membahas segi keunikannya saja. Meski dari beberapa yang aku baca kalau orang dengan Simian Line ini yang katanya hanya 3 % di dunia dan 14% di Asia, akan memiliki kegigihan dan keras kepala. Hmmm..Omar masih piyik jadi belum tahu! Bayi pastinya selalu ingin tahu dan berusaha dong ya..hahaha. Banyak juga yang bahas menurut kepercayaan Jawa, Barat hingga Yunani.

Nah hampir lupa kalo katanya orang-orang penting juga tangannya sama kayak Omar. Ada Raja Salman, Mahatma Gandhi, Jokowi, Nadiem Makarim, dll. Aku taunya dari baca artikel di internet juga. Semoga sukses juga kayak orang-orang hebat itu ya nak. Aamiin. Ambil baiknya buang buruknya. 

Semoga dengan adanya tulisan ini nanti menjadi rekam jejak Omar bagaimana Mamaknya merasa keren punya anak pintar dan telapak tangan unik itu. Keren anak bayiku. Maafkan kegabutan mamak siang-siang begini sambil mencari inspirasi bikin konten. πŸ˜„ Oh iya kalau ada yang sama dengan Omar, ditunggu sharingnya dengan senang hati. πŸ˜‰