Perjalanan ke Desa Menua Sadap Kapuas Hulu

Perjalanan ke Desa Menua Sadap di bulan September tahun lalu merupakan perjalanan pertama kali saya ke kawasan penyangga Taman Nasional Betung Kerihun dan Danau Sentarum yang terletak di Bumi Uncak Kapuas. Desa Menua Sadap merupakan salah satu destinasi ekowisata yang ada di Kalimantan Barat. Saya melakukan perjalanan ke sana waktu itu dalam rangka menjadi pemateri Pelatihan Pemandu Wisata untuk Pengelola Hutan Desa. 

Suasana sungai menuju Desa Menua Sadap

Perjalanan menuju Desa Menua Sadap

Perjalanan ke sana saya awali dengan tidur hampir di sepanjang perjalanan selama 15 jam dengan santai menggunakan transportasi darat berupa mobil. Kebetulan perjalanan kami waktu itu di malam hari. Mewakili APGI Kalbar, agenda tersebut saya hadiri dengan Sekretaris APGI Pusat, Rahman Mukhlis, di mana beliau setelah mengalami delay flight akibat kabut asap, akhirnya harus lanjut lagi perjalanan via darat, karena penerbangan kami ke Putusibau terpaksa dibatalkan. Perjalanan darat kami tempuh karena selama beberapa hari kabut asap tidak kunjung hilang yang menyebabkan penerbangan banyak delay bahkan dibatalkan. 
Suasana sungai menuju Hutan Desa Menua Sadap

Setiba di Putussibau kami mampir di kantor Forclime untuk istirahat dan mandi sebentar. Lalu kami dijemput untuk melanjutkan perjalanan 2 jam lagi menuju Mataso setelah mampir sarapan sebentar, di Mataso kami istirahat sebentar di Resort Taman Nasional Betung Kerihun dan Danau Sentarum, sebelum akhirnya menyusuri sungai Embaloh kurang lebih 1 jam menuju Desa Menua Sadap untuk pelatihan kelompok Pengelola Wisata Desa. Tiba di Ecolodge Menua Sadap kami disuguhkan dengan kerajinan tangan penduduk desa serta aliran sungai yang tenang. Sungguh suasana yang sudah lama dirindukan, ecolodge yang menghadap hutan dan sungai. 
Ecolodge Karangan Bunut, Desa Menua Sadap

Pelatihan dilakukan selama dua hari tersebut tujuannya untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan masyarakat dalam pengelolaan wisata Hutan Desa di Menua Sadap. Selain daripada itu, sesuai dengan konsep wisata berkelanjutan dimana pemanfaatan dalam mengelola semua sumber daya secara sosial dan ekonomi, termasuk di dalamnya dengan memelihara integritas budaya, keragaman hayati dan unsur-unsur pendukung kehidupan lainnya yang ada di Desa Menua Sadap, semua dimanfaatkan secara maksimal untuk menarik wisatawan asing mengunjungi objek berbasis alam dan budaya penduduk lokal. 
Pemberian materi Teknik Dasar Pemandu Wisata

Pemberian Materi Teknik Dasar Pemandu Wisata

Hutan Desa di Menua Sadap memiliki tawaran wisata yang sangat beragam seperti mancing, jungle tracking, camping, pengamatan satwa dan wisata budaya. Konsep pengembangan wisata yang ditawarkan di Hutan Desa di Menua Sadap adalah konsep Ekowisata, dimana pengembangan wisata yang ada diselaraskan dengan isu-isu konservasi lingkungan dan pemberdayaan masyarakat lokal. Oleh karena itu, pelatihan ini diharapkan bisa meningkatkan kapasitas masyarakat Desa Menua Sadap dalam pengembangan konsep ekowisata di Hutan Desa Menua Sadap. Pelatihan ini kami akhiri dengan praktek jungle tracking sekaligus mendaki bukit Peninjau di Hutan Desa Dusun Karangan Bunut Desa Menua Sadap. Di sepanjang perjalanan mendaki, peserta pelatihan praktek menjadi interpreter mengenalkan tumbuhan yang ada di sepanjang jalur termasuk manfaat tumbuhan tersebut kepada para pengunjung dan pemateri. Setiba di puncak kami disuguhkan dengan pemandangan hijau perbukitan dan angin yang berhembus mendinginkan keringat yang bercucuran. 
Salah satu tumbuhan yang ada di sekitar jalur tracking, buah Rotan

Pemandangan di atas Bukit Peninjau Hutan Desa Karangan Bunut

Pemandangan di atas Bukit Peninjau Hutan Desa Karangan Bunut Desa Menua Sadap


Hal-Hal Menarik di Desa Menua Sadap


Daun Tubuk sebagai MSG alami dan masak dalam bambu

Saat saya melakukan perjalanan ke desa-desa terpencil di daerah Kalimantan Barat, tidak lupa saya akan mencicipi masakan tradisional di sana. Di Desa Menua Sadap saya mencicipi masakan ikan segar yang dimasak di dalam bambu, daun ubi tumbuk yang dimasak dengan daun MSG alami (daun Tubuk). Menariknya ikan segar tersebut begitu ditangkap atau dipancing dari sungai langsung dimasak di dalam bambu bakar rasanya sangat lezat, harum dan diberi bumbu tradisional yang memberikan rasa sedikit asam dan segar. 
Memasak di dalam Bambu

Daun penyedap rasa masakan: Daun Tubuk sebagai MSG alami

Proses menumbuk masakan daun ubi

Bermain Sumpit

Di sore hari saat kegiatan pelatihan sudah usai, beberapa peserta dan pemateri menikmati sore hari dengan menikmati pemandangan sungai di depan ecolodge sambil bermain sumpit. Sumpit merupakan salah satu permainan tradisional yang dilombakan hampir setiap tahun saat Festival Danau Sentarum yang diselenggarakan oleh Balai Besar Taman Nasional Betung Kerihun dan Danau Sentarum. Sayang sekali saya tidak bisa ikut dalam bermain sumpit dikarena tangan saya kurang kuat untuk mengangkatnya dan saya juga memiliki nafas yang kurang kuat untuk menembakkan sumpitnya. Pada zaman dahulu sumpit digunakan untuk senjata berperang dan berburu di hutan. Ujung anak sumpit tersebut diberi racun untuk membunuh musuh, namun seiring berjalannya waktu sumpit dijadikan permainan tradisional dalam menarik wisatawan mancanegara khususnya saat festival berlangsung. 
Anak Sumpit

Bermain sumpit di depan ecolodge


Tikar Tradisional Desa Menua Sadap

Selain dikenal dengan masakan tradisional yang enak serta permainan tradisional sumpit, perempuan di Desa Menua Sadap juga tidak kalah kreatif dalam kerajinan tangannya, membuat tas, tempat pensil serta tikar untuk alas tidur adalah keahlian mereka. Di saat malam tiba, kami berkumpul untuk sekedar berbincang dan mereka dengan senang hati memperlihatkan tikar-tikar hasil kerajinan tangan mereka, dengan motif yang berbeda-beda, saya teringat dengan ibu saya di kampung yang juga bisa membuat tikar walaupun dengan bahan yang berbeda. Tapi, tikar buatan ibu saya tidak memiliki motif seperti ibu-ibu di Desa Menua Sadap. Tikar buatan warga Menua Sadap bisa dijadikan oleh-oleh untuk para wisatawan lho. Saat malam tiba kami menghabiskan waktu berbincang di rumah betang yang ada di desa Menua Sadap ini. 
Salah satu motif tikar kerajinan tangan warga Desa Menua Sadap

Salah satu motif tikar tradisional warga Desa Menua Sadap

Tikar tradisional Desa Menua Sadap



Setelah kegiatan pelatihan usai perjalanan pulang kami lewati via darat kembali karena kabut asap masih belum juga usai. Di perjalanan pulang menuju Mataso saya sempat dilewati 2 burung enggang sedang menyebrang sungai. Walaupun dari kejauhan hal tersebut cukup menghibur setelah perjalanan panjang melewati riam-riam sungai. Meski tidak punya waktu untuk mampir ke Danau Sentarum (FYI, menuju Kawasan Danau Sentarum sebenarnya cukup 45 menit saja dari Mataso) tapi karena waktu yang singkat harus buru-buru pulang kembali ke Pontianak malam itu juga jadi saya dan Rahman cukup gigit jari saja. Semoga di lain kesempatan bisa berkunjung bahkan menyusuri kawasan Danau indah di Kalimantan Barat itu. Perjalanan selanjutnya saya ingin ke Taman Nasional Gunung Palung! Hehehe.
Sampai bertemu di cerita selanjutnya, Travelmates! :*

Foto di riam sungai :D

Perjalanan pulang menuju Resort Mataso

Comments

  1. lokasi kampung ny di mana kak di kapuas hulu ny kasih info bagus tu trmpat ny

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di Kecamatan Embaloh, masuk dari Mataso bang...

      Delete
  2. Agendanya lumayan padat banget loh ini kalau aku baca.
    Keren ih kakanya, semangat yah Ka, dan terus berbagi di blog nya ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak. Kalo kegiatan begituan emang padat karna kadang warga desa harus seminimal mungkin meninggalkan ladang atau kerjaan sehari-hari mereka. Hehehe.

      Delete
  3. Kalau ke desa enaknya menua sadap bulan apa aja mbak? Mungkin bulan-bulan tertentu airnya meluap. Penasaran ingin merasakan ekowisata Desa Menua Sadap

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu kenapa ada kata enaknya siiih.. typo kak. Gara2 baca MSG alamiii :)))

      Delete
    2. Nggak juga bisa di musim kemarau takut terlalu kering airnya mbak. Kalau bisa musim panas tapi jangan kemarau aja. Hehehe..

      Btw, MSG alami emang enaknya beda :)

      Delete
  4. Kegiatan nya seru ka' banyak hal yang dipelajari langsung saat terjun ke lapangan
    Apalagi Kalimantan terkenal dengan hutan hujan tropisnya, jika diberdayakan begitu besar manfaatnya termasuk untuk ekowisata

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya. Pas banget ke sana saat kabut asap. Waduh itu nafas rasanya lega sekali. Desa Menua Sadap ini lumayan masih alami

      Delete
  5. Menarik banget kak ini perjalanannya, selalu senang tiap baca cerita tentang perjalanan apalagi di alam terbuka kayak gini. Jadi penasaran rasa ikan yang make MSG alami, lebih enak mana nih kak dibandingkan micin? Hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lebih enak pake MSG alami bang. Udah gitu ikannya juga seger, langsung diambil dari alam.

      Delete
  6. waaaa seru banget kayanya tinggal di sana yaa, suasananya masih asri, asik banget bisa lewat sungai giniii sebagai transportasi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kak, saya ke sana pas banget air sungai lagi tenang dan hutan desanya masih banyak tumbuhan alami..

      Delete
  7. Duh membacanya saja saya sampai bingung berapa total waktu perjalanan hingga tiba di desa Menua Sadap itu Mbak, haha..

    Desa yang menarik dan indah, dengan air sungai yang bening. Kalau tidak membaca artikel ini, saya tidak tau kalau di Kalimantan juga memiliki Taman Nasional.

    Oya Mbak tikarnya cakep sekali, dibuatnya dari bahan apa ya? Sekilas bukan dari dedaunan, apa dari benang ya?

    www.yuniarinukti.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo dari Pontianak ke Desa total 18 jam mbak. Hehehe.
      Tikarnya dianyam dari daun. Saya lupa nama daunnya ntar saya cari tau dan saya cantumin kalo udah ingat.
      Kalbar punya Taman Nasional ada 4 mbak sekarang.

      Delete
  8. Aku belum ke sana! Tempatnya asri banget, ibuku bakal betah kalo berlibur di sana. Tikarnya cantik ya, buat dekorasi ruang keluarga bagus tuh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah. Liburan ke tempat asri emang menyenangkan mbak..

      Delete
  9. uwuwu seneng banget bisa merasakan pengalaman seperti ini. Aku bacanya ikut menikmati. btw, aku tertarik sama tikarnya, keren itu motifnya yaa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah..saya selalu tertarik dengan kerajinan tangan warga desa kalo pergi perjalanan jauh mbak..

      Delete
  10. seru banget kak pengalaman perjalanannya ke salah satu desa di Kalimantan Barat ini. Utamanya untuk kulinerannya ini ada daun tubuk sebagai MSG alami, pasti sedap banget apalagi masak di dalam bambu. Udah gitu, hasil kerajinannya berupa tikarnya itu motifnya unik dan kece lho

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bener banget. Saya selalu mencari-cari barang unik kalo pergi ke desa-desa.. 😊

      Delete
  11. Mba Ega, menarik sekali tulisannya, saya jd tau ttg Taman Nasional Betung Kerihun dan Danau Sentarum di Kalimantan yahh... Ada daun tubuk sbg MSG alami, motif tikar yg unik. Keren deh smuanyaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah mbak. Saya turut seneng juga ternyata infonya bermanfaat

      Delete
  12. Potensi yg tersimpan di desa ini luar biasa yaaa.. alamnya indah, sumber daya manusianya pun juga sudah mendukung.

    Bagus banget tuh motif tikarnya. Unik loh, baru sekali ini lihat. Biasanya kan motif tikar hanya saling menyilang dg pola standar.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya. Ibu saya bikin cuma pola biasa aja. Hehehe. Di desa ini ibunya keren2 banget bikin tikar..

      Delete
  13. Buah rotan, daun tubuk aku baru lihat pertama kali nih kak. Bagus banget yah daun tubuk buat MSG alami. Andai mudah ditemukan itu daun tubuk yah.. senengnya masak ga khawatir.

    Motif tukarnya juga unik. Bagus banget :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya aja baru pertama kali liat daun tubuk. Dan setelah masakannya mateng, saya bergumam emang enak ya rasanya..

      Delete
  14. Bisa ya tikarnya dibuat membentuk ukiran di dalamnya, keren banget. Apalagi aku baru tau ada daun tubuk sebagai pengganti MSG, luar biasa ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak. Pengen saya tanem rasanya daun tubuknya. Hehe

      Delete
  15. Sepertinya seru yah makan masakan dari bambu. Apalagi nggak pake MSG dan sebagai gantinya pake daun tubuk. Keren sih ini jadi pengen coba juga. 😀

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hayuk kak ke Kalbar cobain MSG alaminya..

      Delete
  16. Wow walaupun tinggal di Kalimantan tapi belum pernah sampai disini, masih banyak tempat di daerah sendiri yang dapat diekplor yaa seruu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga suatu saat berkesempatan traveling bareng kamu.. 😘😘

      Delete
  17. Keren mba, menembus pedalaman untuk berbagi. Saya pernah 3 tahun di pontianak, sayangnya dari semua Kab/kota, hanya kapuas hulu yang tidak sempat saya kunjungi.

    Btw salam kenal, ijin follow blognya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih ya sudah mampi. Salam kenal mas..

      Delete
  18. wah aku belum pernah nemu buah Rotan, penasaran :D

    ReplyDelete
  19. http://poker-pool.com was a site at indonesia , there was online gaming with server PKV Games Online , there was many games domino and poker games inside, example : poker , bandar poker , capsa susun , sakong , domino , dominoq ,dominoqq , domino66 ,domino99 , aduq . bandar q , bandarq , qq , q , perangbakarat. MUST READ

    ReplyDelete
  20. Dewapoker adalah agen judi poker online dengan uang asli yang terpercaya dan memberikan banyak keuntungan. Semakin majunya dunia perjudian saat ini, membuat semakin banyak orang juga yang bergabung. Terlebih saat ini perjudian tidak sesulit seperti dahulu, yang dimana jika kita ingin memainkan dan ikut bertaruh kita harus pergi ketempat yang menyediakan perjudian. Dan untuk pergi kesana kita membutuhkan biaya.

    https://judionline.tv/dewapoker/

    ReplyDelete
  21. situs judi online dengan permainan togel online dengan pasaran togel terbaik yaitu togel singapore disini : notogelsingapore

    ReplyDelete
  22. dapat duit dengan cepat hanya dengan bermain bandarqq dan dominoqq. bergabunglah bersama kami dan mainkan permainan nya serta raih bonus bonus nya dan nikmati hasil kemenangan anda.

    di sini http://202.95.10.87/app/Default0.aspx?lang=id

    ReplyDelete
  23. pengalaman yang sangat mengesankan

    kemenangan sudah didepan anda, anda hanya perlu bermain di situs dominoqq dan bandarqq yang telah kami sediakan.

    http://202.95.10.212/

    ReplyDelete
  24. menyediakan informasi menarik sekitar bandarqq dan dominoqq untuk memandu permainan anda sukses

    http://www.thenestbangkok.com/

     

    ReplyDelete
  25. situs poker qq online terbaik http://pokerqq.live/index.htm
    agen dominoqq online terpercaya http://domino-qq.live
    9 pkv games terbaik http://164.68.99.37/

    forum syair hk , syair sgp , syair sidney terlengkap
    http://syairprediksi.xyz/
    http://syairgambar.xyz/

    untuk melihat paito hk,data hk,pengeluaran hk,keluaran hk
    kunjungi situs kami : https://paito-hkg.xyz/
    https://paito-sgp.live/

    poker online http://198.96.92.14/atmkiu/

    ReplyDelete
  26. mainkan dan dapatkan bonus besar dengan bermain di situs judi bola kami yang tersedia selama 24 jam

    mainkan sekarang juga: http://216.83.47.126/

    ReplyDelete
  27. hasilkan banyak uang dengan hanya memainkan pkv games di bandarq228, situs pkv terbaik saat ini, daftar dan perbaiki ekonomi anda di tengah pandemi ini hanya di http://180.215.13.119/

    ReplyDelete
  28. bingung cari layana cargo murah yang bisa menjadi alternatif anda untuk pindahan rumah, kunjungi kami di
    https://www.indonekargo.com/

    ReplyDelete
  29. deposit slot online via pulsa xl telkomsel minimal 10rb, anda puas bermain tebak gambar di situs slot online, kunjungi langsung di http://18.139.128.96/

    ReplyDelete
  30. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  31. deposit via apun sekarang juga untuk memainkan bandrqq pkv games dan dominoqq di situs kami http://www.e-ktp.com/

    ReplyDelete
  32. diskon togel online terbesar 4D 66% bisa langsung untung. bagi anda yang belum punya akun langsung klik http://178.128.105.64/ untuk daftar di bandar togel

    ReplyDelete
  33. kami menyediakan berbagai macam tipe springbed murah berkualitas dengan merk pertalite springbed , kunjungi kami di https://pertalitespringbed.com/

    ReplyDelete
  34. pengisia waktu luang dan mendapatkan penghasilan tambahan dengan bermain permainan dominoqq online di http://207.148.125.127/

    ReplyDelete
  35. nice article thank you
    visit my website
    Jostogel
    Bintangtoto

    ReplyDelete
  36. http://www.healthyrecipes.my.id/2016/11/back-to-school-with-diabetes.html?showComment=1597924078682#c54472596610282911

    ReplyDelete
  37. Situs Judi Online BandarQ Poker Online DominoQQ terpecaya : dewapoker - http://162.215.254.42/

    ReplyDelete
  38. Thanks you for sharing a very nice content.
    Kunjungi situs : jos togel

    ReplyDelete
  39. aku Bulan Juli 2020 kemarin magang di FORCLIME Kak dan kami juga diajak mengikuti kegiatan yang sama seperti kakak lakukan dan itu sangat Menyenangkan aku orang Medan tapi kuliahku diPontianak dan aku mencoba utk magang diKapuas hulu yang katanya banyak perjalanan wisata yg bisa didapat terutama didanau sentarum dan itu benar banget dong aku juga sempat bawa tanaman sengkubak kalau biasa dibilang kk atau daun MSG alami dan kucoba untuk diherbarium kan sebagai kenang kenangan hehehe

    ReplyDelete
  40. Rumahkiukiu Agen DominoQQ, Pkv Games, Judi Online Terpercaya yang menyediakan beragam jenis permainan judi poker online dengan winrate tertinggi
    http://13.229.214.156/

    ReplyDelete

Post a comment