Memasuki usia kehamilan trimester kedua terasa lebih ringan dibandingkan awal kehamilan yang super penuh dengan perjuangan. Konon katanya trimester kedua merupakan momen paling nyaman. Beruntung aku sudah tidak merasakan mual dan muntah berkepanjangan setiap hari lagi, flek juga sudah tidak ada dan makan sudah mulai enak meskipun tetap harus dengan porsi sedikit-sedikit. Memasuki usia 20 minggu kehamilan akhir bulan lalu, aku kembali konsultasi kehamilan dan check up rutin. Masih dengan dokter kandungan yang sama, yaitu dr. Kadek Ayu yang buka praktek di Apotik Cipto Pemangkat. Dokternya baik dan menerangkan dengan jelas setiap proses USG. Ssssttt, di usia ini jenis kelaminnya sudah kelihatan lho! Cukup bahagia saat dikasi tau sama dokter jenis kelaminnya tapi nanti aja deh publishnya, hehehe. Sebenarnya apapun jenis kelaminnya aku oke-oke aja yang penting bayiku sehat tanpa kekurangan satu apapun nantinya saat lahir. Meski tanpa keluhan-keluhan yang ada di trimester pertama, bukan berarti di usia kehamilan ini tanpa keluhan sama sekali. 

 

USG Kehamilan Trimester Kedua

Banyak momen ajaib yang aku alami di trimester kedua, di antaranya:

  1. Minum masih HARUS air mineral kemasan. Awalnya kupikir akan berlangsung di trimester pertama saja karena pengaruh hormon yang masih menyebabkan mual dan muntah. Pernah di moment Idul Fitri, air mineralku habis dan kucoba minum air galon isi ulang, alhasil makanan yang masuk dimuntahin semua. :') kupikir hanya aku yang lebay begini, ternyata selama hamil sudah ketemu 2 orang yang sama, minumnya harus air minum kemasan. Wkwk. Kalau aku lebih senang Le Miner*le
  2. Suka makanan manis, termasuk pisang goreng Srikaya, yang sebelumnya aku tidak suka, di antara para keluarga gorengan pastinya memilih yang asin dong, bakwan misalnya :) 
  3. Kembali ke masa kecil jadi suka pisang, meskipun masih milih-milih jenis pisangnya, padahal saat beranjak dewasa sebanyak apapun pisang di rumah aku makannya cukup 1 aja.
  4. Ngidam makanan olahan Chinese kayak Choipan, Kwe Tiaw dan kawan-kawan (tapi masih olahan yang halal ya..)
  5. Lebih rajin mandi, dulu saat mahasiswa 1 hari mandinya 2x paling banyak, sekarang bisa sampe 4x sehari. Rasanya gerah teruuuusss.
  6. Superrrr suka air kelapa, kata ibu sama kayak aku saat orok dulu, dia juga suka minum air kelapa waktu aku dalam kandungan guys..
  7. Jadi suka jeruk, padahal biasanya jeruk bergelimpangan di rumah tidak disentuh, 1 buah aja susah makannya.
  8. Dulu pilihan sarapan pertama itu bubur ataupun sate. Sekarang nasi kuning juga suka, bahkan di awal kehamilan ngidam nasi kuning. Tapi tetep suka sate juga dong.
  9. Badan banyak yang berubah meskipun rajin mandi. Flek hitam, jerawat di mana-mana, gatal, stretchmark. Demi buah hatiku tersayang nggak papa deh ya..
  10. Karena pernah riwayat kecelakaan dan jatuh di posisi tulang ekor sebanyak 3x dalam 1 bulan sekitar 2 tahunan lalu, jadi pas hamil nyerinya kambuh lagi. Posisi tidur jadi serba salah, sakit pinggang dan bokong. Saat bersin di posisi tiduran itu rasanya wow banget.
  11. Moody, suka nangis, overthinking. Jadi suka menjauhi hal-hal negatif atau percekcokan. Suka risih sendiri melihat orang berantem.
  12. Believe it or not, sejak usia 3 bulan dalam kandungan anakku udah mulai getar-getar, pas di USG dia nendang-nendang (risih kali ya saat ditekan-tekan), apalagi sekarang sangat aktif. Wkwkwk
  13. Tidur sering kaget kalo dengar suara-suara berisik. Dulu, mau suara apa aja nggak akan bergeming tidurku (paling susah bangun), jadi sekarang susah banget tidur.
  14. Menjelang tidur malam, suka ketawa-ketawa sendiri dan mata yang udah mulai terlelap mulai melek lagi, soalnya anak bayi pasti aktifnya minta ampun. Hehehe. Alhamdulillah tandanya sehat ya nak..
  15. Buang air kecil lebih sering siang dan malam (sejak trimester pertama juga begitu, beberapa orang bilang biasanya hanya mengalami di trimester ketiga).
  16. Mudah masuk angin mulai berkurang, tapi heartburn masih tetap ada sesekali soalnya memang ada riwayat GERD. 
  17. Momen lainnya adalah MIGRAIN. Saat masuk usia kehamilan trimester kedua migrain menyerang, padahal sebelum hamil setahun 1x aja susah migrain. Akhirnya konsultasi sama dokter dan dikasi resep obat meskipun secara hati nurani nggak pengen minum obat. Dokter juga memperbolehkan mencoba minum kopi sedikit. Dan mengejutkan sekali guys, ternyata obatnya memang harus minum kopi hitam, walau jam tidur siang menjadi terganggu bahkan susah tidurnya. :D Jadilah hampir setiap hari seperti bapak-bapak yang minum kopi hitam dikit-dikit saat migrain menyerang. Hehehe..
  18. Tetap tidak suka dengan asap. Pas mencium asap rasanya langsung sesak nafas dan mual.
  19. Suka aroma parfum yang maskulin. Entah kenapa sejak awal hamil senang sekali dengan aroma parfum cowok. Apakah anaknya cowok? Hehehe. Kita liat nanti ya..
  20. Malas dandan dan sejenisnya. Nah kata orang-orang juga gitu..

Begitulah momen-momen ajaib yang ingin aku abadikan di tulisan ini. Semoga aku dan anakku sehat selalu hingga lahiran dan pastinya diberi kekuatan untuk melewati setiap cobaan di masa kehamilan ini. Saat menulis ini alhamdulillah migrainnya nggak nongol, lagi minum es karna gerah banget dan sambil ngemil jeruk. Oh iya, menulis ini juga tujuannya untuk menghindari aku dari overthinking tentang banyak hal, salah satunya omongan orang-orang soal kehamilan; Perutnya kecil ya? Banyak banget keluhannya ya? Gendut ya? (Padahal berat badan nggak naik-naik meskipun berat janin normal), dan masih banyak yang lainnya yang sebenarnya itu sangat tidak penting untuk diucapkan, dari yang masih bisa ditoleransi sampai yang kurang ajar ingin tahu urusan "dapur" orang lain. Yah namanya juga manusia ya tak bisa kita tutup satu per satu mulutnya. Doakan saja yang baik-baik. Apapun itu bagi yang support dan menghibur selama ini aku ucapkan terima kasih banyak. Salam sehat selalu buat kita semua. Aamiin...