Hai semuanya! Bagaimana kabar puasanya? Semoga lancar ya dan berkah selalu! Pake menu apa berbukanya? Pasti nyari yang seger kan. Apakah tenggorokan sudah girang? Hihihi.

Saat bulan puasa pastinya banyak orang tetap harus berkutat dengan kesibukannya kan agar tetap produktif, meski kita masih tetap harus menjalani puasa saat pandemi ini. 

Nah, melanjutkan ceritaku kemaren, bahwa di tahun ini aku punya kesibukan terbaru yaitu jadi ibu! Hihihi. Dan kerennya lagi (aseekk) bayiku yang udah 6 bulan ini lagi MPASI dong. Jadi mau tidak mau aku harus belajar bikin MPASI! 

Puasa Saat Pandemi
Menjadi Ibu Baru


Belajar MPASI itu gampang-gampang susah. Karena memberi makan bayi itu bukan hanya soal memasukkan makanan ke dalam mulut mereka saja tapi harus memperhatikan nutrisi yang dia makan. Begitulah yang aku dapatkan di materi kulwap, webinar dan kulgram. Ya..semenjak jadi ibu rajin banget ikut begituan. Hitung-hitung mengisi waktu supaya aku nggak kepikiran hal-hal lain yg bikin stress pasca lahiran. Aamiin...

Nah, sekitar seminggu memasuki masa MPASI, Omar pun merasakan puasa, eh bukan ikut puasa, tapi mamak harus ekstra mikir karena masak di rumah kan menjelang sore saat mau berbuka. Nggak banyak perubahan yg signifikan sih. Entah mengapa mamak memilihkan Omar untuk makan MPASI buatan sendiri alias home made aja dibandingkan instan. Tapi buat emak yang lain instan juga nggak papa kok karena sudah difortifikasi, begitu kata ahlinya. Hihihi. Hitung-hitung kalo bikin sendiri mamak Omar jadi lebih rajin mumpung sedang jadi ibu rumah tangga, ya kaaann..

Menu MPASI Omar sih ikut apa yang ada di rumah saja. Yang terpenting ada karbo, protein (diutamakan yang hewani), sayur sedikit untuk pengenalan dan lemak. Jadi di hari pertama Omar dikasi bubur, telur, tempe dikit, daun bawang, dan minyak. Hehehe. Alhamdulillah tidak ada drama sembelit sampe sekarang. Jangan sampe deh. Minum air putihnya juga lancar banget. Maklum, dia sering liat mamak minum pake tumbler setiap hari. Jadi dia juga sekarang maunya minum dari botol (diakalin pake gelas). Wkwkwk

Untuk puasa di hari pertama Omar ikut menu uwan di rumah. Pake sop daging sapi, jadi di dalamnya ada kentang dan wortel. Respon Omar gimana? Luar biasa banget. Dia senang dan nggak boleh telat nyuapin. Anakku tau aja menu enak! 😗😌

Oh iya Bulan Puasa Saat Pandemi ini kalau tidak salah sudah yang ketiga kalinya. Pertama dan kedua masih di Pontianak kala itu. Nggak bisa pulang dan lagi kerja. Udah terbiasa sih jauh dari keluarga, maklum anak perantauan. Nah kali ini aku gantian sama adikku. Dianya yang lagi di Pontianak, sedang kuliah. Semoga betah ya! Hihi. Semangat bertahan hidup di kota! Wkwkwk

Banyak banget perubahan puasa di tahun ini. Kumpul sama umak dan bapak di rumah, punya bayi (yang sampe sekarang terasa mimpi), maklum 2 tahun belakangan punya anak orang dipinjam. Hehe. Trus belajar banyak hal tentang parenting, ASI, MPASI, kesehatan bayi, dan masih banyak lagi.

Begitulah hidup ya. Harus loncat dari satu tempat ke tempat lainnya buat survive. Kuliah Bahasa Inggris, kerjaan awal pemandu wisata, pemandu gunung, trus jadi admin klinik hewan, sesekali nulis jadi blogger dan bikin konten, dan sekarang jadi ibu rumah tangga. Wkwkwk. Nggak sempet senderan rebahan udah harus begadang aja. Mari lanjutkan hidup kembali! 

Yang paling penting, bisa sehat semuanya, anak makin pinter dan hidup dijalani dengan bahagia, eh satu lagi, bermanfaat buat orang lain. Begitu pula dengan tulisan curhat ini, semoga bisa diambil baiknya ya! Sampai bertemu di tulisan BPN Ramadan 2022 berikutnya! See you..