Permudah Pendakian Bukit Raya dengan Aplikasi BAKARAYA In Hand

Bertepatan dengan bulan Hari Konservasi Alam Nasional, di bulan September, Taman Nasional Bukit Baka Bukit Raya meluncurkan sebuah Aplikasi berbasis android yaitu Baka Raya In Hand yang tersedia di Playstore. Sebuah aplikasi yang bertujuan mempermudah para pendaki Bukit Raya dalam mempersiapkan perjalanan ke Bukit Raya, termasuk di dalamnya informasi mengenai persiapan pendakian serta mempermudah mengurus simaksi. Lalu seperti apa tampilan dan fungsi lengkap aplikasi ini? Yuk kita simak..

aplikasi baka raya in hand
Logo Aplikasi Baka Raya In Hand



cara install aplikasi baka raya in hand

Tampilan Aplikasi Baka Raya In Hand

Saat terinstall, seperti aplikasi pada umumnya akan diminta untuk memasukkan beberapa data untuk akun pribadi kita di dalam aplikasi. Tampilan beranda yang cukup berwarna menampilkan empat informasi utama yaitu informasi Pendakian Bukit Raya, Desa Rantau Malam, Rafting di Belaban Ella serta tidak lupa juga mengenai Panduan Protokol Kesehatan COVID-19. Di tampilan paling bawah, selain beranda, kita akan disajikan dengan fitur peta offline jalur pendakian Bukit Raya, Profile TNBBBR dan fitur khusus untuk akun pribadi kita dalam menggunakan aplikasi ini. 

tampilan aplikasi baka raya in hand
Tampilan Aplikasi Baka Raya In Hand

Setelah disuguhkan dengan empat informasi utama di bagian atas, di bagian tengahnya kita akan disuguhkan tujuh menu utama aplikasi Baka Raya In Hand yaitu:

  • Objek Wisata/Tour Destination

Di dalamnya dijelaskan mengenai informasi spot wisata pendakian, rafting, air terjun, hot spring, canopy trail, camping ground, spot observasi flora dan fauna, spot wisata budaya serta aneka produk kerajinan lokal.

  • Itinerary

Di fitur ini pendaki akan mendapatkan gambaran lamanya perjalanan dengan itinerary yang tersedia. Di sini juga akan ada panduan transportasi dan lamanya perjalanan dari tiap-tiap trip wisata, yang sudah tersedia yaitu itinerary pendakian Bukit Raya jalur Kalteng, pendakian Bukit Raya jalur Kalbar serta Wisata Alam Belaban Ella.

  • Tour Guide

Salah satu informasi yang paling spesial di fitur tour guide ini yang paling saya senangi adalah kita bisa mengenali wajah satu per satu guide lokal binaan Taman Nasional Bukit Baka Bukit Raya sebelum tiba di desa terakhir yaitu desa Rantau Malam dan Tumbang Habangoi. Selain menampilkan wajah pemandu lokal, kita juga akan ditampilkan kondisi Homestay untuk tempat menginap di desa Rantau Malam. Sepulang dari mendaki Bukit Raya pendaki juga bisa memberikan rating pelayanan kepada pemandu lokal, homestay maupun transportasi yang ada di Bukit Raya. 

Baca juga: Perjalanan Panjang Mendaki Gunung Bukit Raya

  • Species

Fitur pilihan species menampilkan ceklis flora dan fauna yang ada di kawasan Taman Nasional Bukit Baka Bukit Raya serta di sini kita juga bisa melaporkan jika menemukan adanya kejadian bencana di lingkungan Bukit Baka Bukit Raya. Adapun gangguannya bisa berupa kebakaran, longsor/banjir, konflik satwa, perburuan, perambahan, penebangan, penambangan dan lainnya. Pendaki atau pengunjung yang menemukan adanya gangguan tersebut juga bisa mencantumkan lokasi beserta dengan melampirkan foto dan posisi tepatnya berupa ketinggian lokasi. 

  • Research/Penelitian

Fitur lainnya yang terdapat dalam menu utamanya adalah fitur penelitian. Untuk pengunjung yang berniat untuk melakukan penelitian di kawasan Taman Nasional Bukit Baka Bukit Raya bisa mengajukan permohonan simaksi dengan prosedur yang sudah ditentukan. Di fitur ini juga peneliti bisa menginput hasil penelitian yang nantinya bisa dibaca sebagai bahan referensi peneliti maupun pengunjung lainnya. 

  • Simaksi

Seperti yang sudah saya jelaskan sebelumnya bahwa salah satu tujuan adanya aplikasi ini adalah untuk mempermudah pendaki untuk mengurus Surat Izin Masuk Kawasan Konservasi (SIMAKSI), yang mana selama ini masih dilakukan manual dan komunikasi panjang melalui chat maupun telpon dan kemudian ditindak lanjuti melalui email. Dan perlu diperhatikan  bagi pendaki bahwa Simaksi adalah hal wajib yang harus diurus sebelum melakukan pendakian ke Bukit Raya.

  • Gallery

Fitur yang satu ini tidak kalah keren karena menampilkan foto-foto pemandangan alam di kawasan Taman Nasional Bukit Baka Bukit Raya, salah satunya adalah koleksi foto kegiatan Rafting di sungai Belaban Ella

Baca juga: Sensasi Arung Jeram di Sungai Ella

Selain tujuh fitur di menu utama, aplikasi Baka Raya In Hand juga punya tampilan informasi Seven Wonders. Seven Wonders yang dimiliki kawasan Taman Nasional Bukit Baka Bukit Raya ini menginformasikan kepada pengunjung betapa banyak keindahan dan kekayaan alam yang dimiliki oleh Indonesia, khususnya di Kalimantan Barat. Kekayaan alam tersebut berupa flora, fauna, produk hasil hutan non kayu, tanaman obat, sungai serta air terjun di kawasan Taman Nasional Bukit Baka Bukit Raya. 

alasan menginstall aplikasi baka raya in hand
Alasan menginstall aplikasi Baka Raya In Hand
 

Nah, dengan menginstall aplikasi ini kita secara tidak langsung turut serta membantu dalam upaya menjaga konservasi alam jika menemukan adanya gangguan habitat, mendapatkan informasi yang realibel tentang objek wisata alam dan budaya, membantu dalam promosi wisata, serta memberikan semangat kepada penduduk lokal yang menjadi pemandu. Sampai bertemu di Bukit Raya dan tetap jaga alam ya, Travelmates! 

akun di aplikasi baka raya in hand
Tampilan akun Ega Tiara di Baka Raya In Hand


Comments

  1. ih kerennyaaa, pendakian bukit ada aplikasinya? makin praktis deh para pendaki kalo mau liat map yaaaa, tersedia offline juga kan soalnyaaaa..

    ReplyDelete
  2. ini kabar bagus mba, teman-teman saya yang mau ke sana bisa pakai aplikasi ini, biar sebelum berangkat ke sana mereka bisa daftar online dulu ya dan lebih aman juga deh, kemajuan yang sangat luar biasa deh, saya share ke temen-temen pendaki ya mba

    ReplyDelete
  3. Aplikasi di android Baka Raya ini membantu banget pastinya ya untuk memandu para pendaki dan wisatawan mengenai spot-spot wisata yang ada di dalamnya ya, jadi lebih mudah dan gak akan nyasar pastinya ya

    ReplyDelete
  4. wih mantap banget, skrg untuk hiking aja udah ada fasilitas berupa apps seperti ini ya..insya Allah makin aman nih buat para pendaki dan solutif buat keamanan mereka

    ReplyDelete
  5. Jaman makin maju ya, buat yang suka mendaki enak sudah ada aplikasinya gini jadi memudahkan ya. Semoga aja makin banyak jalur oendakian lainnya yang menggunakan aplikasi supaya membantu.
    Di aplikasi ada info-info pentingnya juga yang bermanfaat selama perjalanan pendakian

    ReplyDelete
  6. Wah keren ini Aplikasi BAKARAYA memudahkan pendakian bukit by the way untuk iPhone udah tersedia belum yah?

    ReplyDelete
  7. Keren banget ini inovasi oleh Taman Nasional Bukit Baka Bukit Raya. Sangat membantu buat yang mau mendaki dan mengunjungi Tahuranya hehe

    ReplyDelete
  8. Update banget nih pengelola Taman Nasional Bukit Baka, memang peran teknologi harus di maksimalkan ya untuk mendukung konservasi alam sekaligus wisata. Semoga akapan-kapan aku bisa kesana

    ReplyDelete
  9. ih laaaf banget ada spot wisata pendakian, rafting, air terjun, hot spring, canopy trail, camping ground.

    ReplyDelete
  10. suka banget sama aplikasinya. Jadi bisa tau banyak tentang Taman Nasional Bukit Baka. Jadi pengen kesana bawa anak2 deh :)

    ReplyDelete
  11. Wih keren ada aplikasinya. Paling suka dengan fitur Species. Jadi pendaki gunung tau pasti ya mesti melapor ke mana kalau ada bagian hutan yang rusak. Semoga segera ada aplikasi sejenis untuk taman nasional lainnya.

    ReplyDelete
  12. Jaman now ya...untuk persiapan pendakian terutama ijin bisa lewat aplikasi. Emang lebih praktis dan nyaman sih ya...

    ReplyDelete
  13. trobosan baru yang sangat membantu ya, jadi semua orang bisa tau kondisi real lingkungan tersebut, bisa sama-sama menjaga alam dengan baik.

    ReplyDelete
  14. Aplikasinya bisa jadi reminder banget ya supaya tetap stabil dan tidak ada gangguan ekosistem

    ReplyDelete
  15. Sekarang semuanya serba virtual nih,jadi harus lebih gak gaptek dan jadi lebih memudahkan ya,gak sabar pengen travelling.

    ReplyDelete
  16. duh udah lama banget gak travelling, semoga pandemi ini cepet berakhir ya :')

    ReplyDelete

Post a comment