Hi Travelmate, siapa yang lagi berkutat dengan masak menu untuk berbuka puasa? Akhirnya ketemu lagi di tulisan selanjutnya buat Challenge BPN Ramadan 2022. Aku sempat absen beberapa hari buat setoran kerjaan dan sedang berkutat dengan drama tumbuh gigi Omar. Drama tumbuh gigi bayi itu ngeri-ngeri sedap. Sejauh ini Omar sebatas tidur suka tiba-tiba nangis, sesekali batuk karna tersedak liurnya, mengigit apa saja (jangan tanya saat dbf atau nenen), serta makannya mulai berkurang. Tidak ada demam. Konon katanya jika ada demam berarti ada infeksi.

Berhubung drama Omar masih berlanjut jadi kita kembali ke tema Buka Puasa. Kali ini membahas tentang menu buka puasa. Menu buka puasa menjadi perhatian yang cukup serius di bulan Ramadan. Banyak orang membeli takjil dan lauk pauk. Banyak juga yang bikin sendiri di rumah. Tim manapun kamu, keduanya oke saja menurutku. Karena kedua tetap memerlukan uang dan tenaga. Beda porsinya saja. 

Aku sendiri terkadang beli terkadang bikin sendiri. Tergantung ketersediaan uang (bahan), waktu dan tenaga. Dan ketiga alat tukar tersebut pastinya ada yang berkorban lebih banyak. Jika pengen menunya memuaskan dan banyak, tenaga harus terkuras. Jika ingin hemat tenaga, uang harus lebih terkuras.

Tapi, dibalik itu semua ada pilihan buat kita dengan membuat menu yang simple. Hemat tenaga juga uang. Secara menu berbuka terkadang menurutku pribadi, harus dibuat seringkas mungkin dan tetap enak. Kita bicara menu pembuka saja kali ini. Menu pembuka mengisi perut sebelum solat Magrib dan lanjut ke menu utama.

Menu berbuka praktis di rumah kali ini ada martabak mini dan es buah naga. Aku bagi resep praktisnya ya bagi yang pengen tau. Hihi

Es Buah Naga Simpel untuk Berbuka

Es Buah Naga Susu


Bahan:

* Buah Naga 2 buah (secukupnya)

* Susu UHT/Susu Kental Manis

* Roti Tawar

* Es batu jika dibutuhkan


Cara Membuat:

1. Kupas dan iris kasar atau potong dadu daging buah naga

2. Tambahkan susu UHT atau SKM sesuai kebutuhan

3. Tambahkan roti tawar yang sudah dipotong dadu ke dalam gelas, isi buah naga yang sudah tercampur susu ke dalamnya. 

4. Siap disajikan (dingin lebih nikmat)


Martabak Mini Praktis untuk Berbuka

Martabak Mini Praktis


Bahan:

* Kulit risoles yang siap pakai

* Tahu 5 buah dihaluskan

* Telur 2 buah kocok

* Kol putih iris tipis secukupnya

* Wortel iris tipis sedikit saja

* Daun bawang iris tipis

* Bubuk bawang putih secukupnya

* Bubuk lada secukupnya

* Penyedap rasa secukupnya

* Minyak goreng


Cara membuat:

1. Panaskan minyak di wajan dengan api sedang

2. Campurkan semua bahan isian kecuali kulit risoles atau kulit lumpia (tes rasa terlebih dahulu)

3. Beri isian di atas kulit lumpia dan lipat berbentuk persegi. Pastikan tepi kulit nempel merekat sempurna

4. Goreng ke dalam minyak panas hingga coklat matang.

5. Sajikan dengan saos atau cabe.


Begitulah resep simpel untuk menu berbuka di rumah bulan Ramadan kali ini. Untuk menu selanjutnya akan kita tulis nanti ya! See you..