Stretch mark menjadi salah satu keluhan kulit pada ibu hamil hingga pasca melahirkan. Tidak sedikit juga yang mengalaminya sebelum kehamilan. Pada saya sendiri, keluhan munculnya stretch mark sudah ada sejak SMA dan menjadi lebih parah muncul saat hamil baby Omar. Kemunculan garis-garis kemerahan dan putih ini tentunya akan membuat seorang wanita tidak percaya diri dengan kondisi kulitnya. Kulit mulus terawat adalah impian hampir semua wanita kan?

Apa itu Stretch Mark

Stretch mark adalah guratan pada kulit yang muncul pada bagian tubuh yang memiliki konsentrasi lemak lebih tinggi, seperti paha, perut, lengan atas dan bokong, serta biasanya juga muncul di payudara saat hamil. Stretch mark muncul saat tubuh seseorang berkembang lebih cepat dibandingkan pertumbuhan kulit, oleh karena itu strecth mark muncul di bagian yang mengalami peregangan.

Stretch mark yang masih baru biasanya berwarna merah kehitaman, biasanya muncul di awal dan disebut juga dengan striae rubra, sedangkan yang sudah lama dan membandel sudah berwarna putih, biasanya butuh waktu lebih lama untuk memudar dan sulit sekali untuk dihilangkan. Perbedaan stretch mark merah dan putih bisa dibaca diartikel ini untuk lebih lengkapnya.

Sejak memasuki trimester kedua kehamilan, kemunculan stretch mark di beberapa bagian tubuh saya mulai muncul, khususnya di perut bagian bawah dikarenakan perut sudah mulai membesar. Guratan-guratan merah tersebut semakin lama semakin melebar dan banyak. Terkadang juga terasa gatal di beberapa bagian dikarenakan kulit yang merenggang. Alhasil setelah melahirkan, beberapa bagian tersebut tetap ada tertinggal garis-garis kemerahan hingga menghitam, kering dan kasar.

Menurut American Academy of Dermatology Association, dalam menangani stretch mark bisa dengan menggunakan lotion, cream, dll. Selama produk yang digunakan tidak mengandung bahan berbahaya dan pemicu alergi bagi ibu dan bayi, maka produk tersebut bisa dipastikan aman.

 
Stretch Mark Serum
Mama's Choice Stretch Mark Serum

Nah semenjak lahiran kemaren saya juga menggunakan salah satu produk perawatan kulit dari Mama's Choice, yaitu Stretch Mark Serum. Ya, ini berbentuk serum. Serum sendiri seperti yang kita ketahui adalah cairan yang diperkaya dengan kandungan antioksidan serta kandungan lain yang menembus kulit lebih optimal sebelum menggunakan cream atau pelembab. Beruntung saya juga menggunakan Stretch Mark Cream dari Mama's Choice saat hamil, jadi bisa merasakan double manfaat kedua produk tersebut dalam memudarkan stretch mark.

Kandungan Mama's Choice Stretch Mark Serum

Menariknya, serum pertama yang saya ketahui untuk stretch mark ini memiliki kandungan alami, seperti:

  • Mugwort: berfungsi untuk melembutkan dan melembabkan kulit

  • Niacinamide: membantu mencerahkan kulit dan mengurangi flek hitam

  • Alpha Bisabolol: bahan aktif alami yang membantu meregenerasi pertumbuhan sel-sel kulit dan menyamarkan stretch mark. Bahan ini ditemukan dalam Chamomile. 

    stretch mark serum
    Tekstur Mama's Choice Stretch Mark Serum


     

Kelebihan Mama's Choice Stretch Mark Serum

  • Diformulasikan oleh 92% bahan aktif alami, yang menyerap langsung ke dalam, membantu mencerahkan & meregenerasi kulit

  • Tekstur ringan dan mudah menyerap, sehingga mudah digunakan. Lebih optimal digunakan sebelum menggunakan Stretch mark cream

  • Aroma yang lembut dan tidak menyengat sehingga tidak membuat mual ibu hamil yang penciumannya sedang sensitif

  • Sudah terdaftar di BPOM

  • Halal, karena produk mengandung bahan-bahan alami

  • Bebas zat berbahaya untuk ibu hamil dan menyusui sehingga tidak memicu alergi

  • Terjaga kebersihan produk karena aplikatornya berbentuk drop pump.

Untuk kekurangannya sendiri bagi saya pribadi, dikarenakan kemasannya terbuat dari botol kaca jadi mesti hati-hati dalam membawanya.  

Cara penggunaan Mama’s Choice Stretch Mark Serum

Penggunaan serum sebaiknya digunakan sebelum menggunakan Mama’s Choice Stretch mark cream. Penggunaan aplikator pump untuk mengambil serum dalam botol memudahkan saya untuk menggunakannya. Dengan kemasan 50 ml, serum ini tergolong banyak isinya dan penggunaannya juga hemat. Untuk penggunaan pribadi di perut, saya cukup menggunakan 1 tetes di area yang muncul stretch mark. Tekstur serum setengah cair ini sangat mudah dioles dan tidak meninggalkan rasa lengket. Menggunakan serum harus dalam keadaan kulit yang bersih (selesai mandi). Oleskan serum di area yang terdapat stretch mark dengan gerakan memutar searah jarum jam dan pijat lembut area tersebut. Setelah serum menyerap, lanjut dengan menggunakan cream.

Stretch mark serum
Kemasan Mama's Choice Stretch Mark Serum


Perbedaan Mama's Choice Stretch Mark Serum & Cream

Lalu apa perbedaan stretch mark serum dan stretch mark cream? Pada umumnya serum digunakan untuk mengoptimalkan kerja pelembab (cream). Untuk itu penggunaan cream bisa digunakan saat hamil untuk mencegah munculnya stretch mark akibat peregangan dan meningkatkan elastisitas kulit. Cream juga melembabkan, mengurangi gatal dan sebagai skin barrier kulit bagian luar.

Sedangkan untuk serumnya berfungsi sebagai regenerasi kulit bagian dalam, menghilangkan flek hitam, mencerahkan dan melembabkan kulit lebih optimal. Serum juga bekerja di lapisan kulit lebih dalam hingga pasca melahirkan.


 

Review penggunaan pribadi Mama's Choice Stretch Mark Serum

Saya sendiri menggunakan Mama's Choice Stretch Mark serum setelah melahirkan bersama dengan Mama's Choice Stretch Mark Cream sejak trimester kedua. Kondisi kulit yang terdapat stretch mark terasa lebih halus, lembab dan warna gelap kehitaman sudah mulai memudar selama pemakaian. Dengan harga yang masih terjangkau, serum dan krim ini cocok untuk ibu hamil maupun selepas melahirkan. Bagi teman-teman yang ingin membeli bisa langsung cek di Website Mama's Choice, ada potongan harga sebesar 30rb untuk pembelian cream dan serumnya. Semoga informasi yang diberikan bermanfaat dan selamat merawat kulit ya!

Stretch Mark Serum
Mama's Choice Stretch Mark Cream & Serum