Wisata Kampung Berseri Astra Sungai Jawi Pontianak

Kampung Berseri Astra merupakan program Kontribusi Sosial Berkelanjutan Astra yang diimplementasikan kepada masyarakat umum oleh PT ASTRA Internasional dengan konsep pengembangan yang mengintegrasikan 4 pilar program yaitu Kesehatan, Pendidikan, Lingkungan & Kewirausahaan khususnya Pemberdayaan Usaha Kecil dan Menengah di suatu daerah.

Mural PT Astra International di KBA Sungai Jawi Pontianak
Program Kampung Berseri ASTRA sendiri sudah terlaksana dibanyak kota di seluruh Indonesia. Dampak positif perkembangan wilayah ini tentu diharapkan dan berjalan sesuai dengan harapan PT ASTRA Internasional dengan empat pilar penting sesuai konsep yang direncanakan. Untuk mewujudkan empat pilar itu dibutuhkan perencanaan yang matang agar kegiatan ini dapat berjalan dengan baik dan akan dievaluasi hingga 5 tahun mendatang. ASTRA akan selalu mengawal hingga program ini berhasil dengan baik.

Mural Masjid Mujahidin di KBA Sungai Jawi
Melalui program Kampung Berseri Astra (KBA) diharapkan masyarakat dan perusahaan dapat berkolaborasi dan berkerjasama untuk mewujudkan wilayah yang bersih, sehat, cerdas dan produktif sehingga dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat. Program yang berkelanjutan ini ternyata hadir juga di Kota Pontianak, tepatnya di Sungai Jawi. Kampung Berseri Astra Sungai Jawi Pontianak terpilih menjadi KBA sejak setelah melewati tahapan, diantaranya:

1. Koordinasi perusahaan Grup Astra
2. Pembentukan tim KBA
3. Koordinasi dengan pemerintah daerah
4. Social mapping
5. Penentuan lokasi KBA
6. Penyusunan rencana program
7. Komitmen bersama dan kick-off program KBA

Kemudian dalam upaya menciptakan masyarakat yang peduli akan lingkungan, Astra memberikan kontribusi pada sektor lingkungan seperti pembuatan beberapa mural di dinding beberapa lokasi di KBA ada juga mengembangkan kebun TOGA Margo Indah. Mural dengan gambar landmark yang ada di Kota Pontianak yang terdapat di dinding menarik perhatian warga untuk berwisata sambil mempelajari bagaimana produktivitas masyarakat di sana dalam berwirausaha. Kebun Toga yang dibuat oleh masyarakat juga pastinya akan bermanfaat dan ikut menghijaukan alam sekitar Kampung Berseri Astra di Kota Pontianak.
Mural Tugu Khatulistiwa di KBA Sungai Jawi

Mural Jembatan Kapuas di KBA Sungai Jawi

Tidak hanya itu, Program Kampung Berseri Astra juga membangun kerja sama dan melakukan koordinasi dengan warga untuk membentuk tim kader pada tiap-tiap RT sebagai langkah awal. Untuk segi pendidikan, komunitas Astra berbagi ilmu mengenai simulasi safety riding. Simulasi ini bertujuan pengendara dapat lebih bijak dalam berkendara serta mengutamakan keselamatan mereka. Di satu titik terdapat plang untuk himbauan pentingnya menjaga keselamatan dalam berkendara seperti memakai helm, Kecepatan maksimal dalam berkendara hingga batas minimal usia menggunakan kendaraan. Bagi Travelmates yang berminat untuk berkunjung ke sana, Kampung Berseri Astra Sungai Jawi terletak di Jalan H. Rais A. Rahman Gg. Margodadirejo 2, Sungai Jawi, Pontianak Kota.
Plang Safety Riding 

Tanda Arah Menuju KBA Sungai Jawi

2 comments:

  1. program kampung berseri Astra sangat penting bagi lingkungan sekitar

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yap benar sekali bang 😊 semoga semakin banyak kampung Astra di Indonesia. Agar makin banyak warga kreatif, inovatif dan produktif.

      Delete

Popular Posts

Popular Posts

Follow by Email

@aigatiara