Saturday, 21 January 2017

Taman Bunga Singkawang, Taman Bukit Bougenville

Santai berdua di tepi danau

Selain Taman Cinta atau Waterboom Gunung Jempol yang kami kunjungi di Kota Amoy, setelah mengisi perut kami bergegas meluncur ke Taman Bukit Bougenville. Kurang lebih 3 tahun yang lalu saya dan seorang travelmate berkunjung di sini kami habiskan waktu berdua di taman yang berlatar belakang gunung Passi ini. Bukit Bougenville terletak di Desa Sijangkung, sekitar +6 km dari pusat Kota Singkawang.

Sesuai namanya, banyak sekali bunga Bougenville atau bunga kembang kertas yang menghiasi taman ini. Sekitar awal tahun 2000-an, bunga kembang kertas sedang populernya di daerah saya. Taman ini dulunya salah satu favorite tempat wisata di Kota Singkawang, selain Pantai Pasir Panjang, Sinka Zoo, Tanjung Bajau dan Taman Teratai. Sekarang, banyak ornament dan hiasan tambahan untuk mempercantik taman. Tiket masuk di taman ini seharga Rp 25.000.

Di depan taman melalui tempat parkir kita akan di sambut gerbang-gerbang bunga yang indah dan berwarna warni. Disediakan juga jalan setapak yang memudahkan pengunjung untuk menikmati bunga-bunga yang ada di taman ini. Beberapa spot terdapat ayunan, jembatan, ornament patung hewan-hewan yang terdaftar dalam Shio Cina, tempat bersantai dan beberapa bangunan kecil berupa kantin dan tempat karaoke. Di pertengahan taman terdapat lorong berupa gerbang bunga alami yang di sebelahnya terdapat taman anggrek. Rumput yang terhampar rapi dan di sepanjang jalan mata kita dimanjakan oleh warna warni bunga dan beberapa pohon yang sedang berbuah seperti pohon alpukat dan rambutan. Oh iya, pengunjung dilarang memetik buah ya! ;)

Gerbang bunga di sepanjang Taman Anggrek

Spot bermain ayunan

Spot indah untuk Prewed

Setelah memasuki gerbang bunga, kita akan disambut gerbang tinggi menjulang sebagai tanda kita akan memasuki Kawasan Hutan Sejuk. Hutan alami yang juga disiapkan jalan setapak sederhana akan mengantarkan kita ke danau buatan yang disana sudah tersedia perahu-perahu untuk wisata dayung. Di tengah danau terdapat patung naga yang mana di kepala sang naga berdiri Patung Dewi Kwan In. Sungguh mempesona. Untuk wisata dayung kita akan kembali di charge biaya Rp 10.000. Namun kali ini kami tidak mencobanya.

Kawasan Super Sejuk

Kawasan Super Sejuk

Danau untuk bermain perahu

Danau untuk bermain perahu

Danau

Danau di Taman Bukit Bougenville

Hanya melewati danau dan menikmati pemandangan danau di sore hari, muncul ide untuk bersantai di hammock yang saya bawa, dan beberapa pohon yang terdapat di tepi danau seakan-akan menyetujui untuk dijadikan tempat bergantungnya hammock oren kesayangan. Matahari sore mulai beranjak turun, angin sepoi-sepoi juga menyapu wajah. Alunan musik sejak awal tak henti-hentinya mengalun menemani beberapa pengunjung yang sedang makan, bersantai dan mengabadikan beberapa kegiatan mereka di sana.










Setelah dirasa cukup bersantai, kami menghabiskan waktu mengelilingi sebagian lagi jalan setapak menuju gerbang keluar dari taman. Mendekati gerbang keluar, kita akan disuguhkan pemandangan berlatar belakang Gunung Passi yang gagah. Taman ini juga cocok sebagai tempat pre-wedding dan acara keluarga, selain indah juga terkesan alami dengan tanaman yang mendominasi hampir di keseluruhan wilayah taman. Jangan lupa untuk singgah di Taman Bougenville saat berkunjung ke Kota Amoy Kalbar! 

Background Gunung Passi

Freelance Travel Guide | Love Traveling | An easy going Travelmate | MAPALA UNTAN's Srikandi


EmoticonEmoticon