Saturday, 18 March 2017

Indahnya Pantai Kura-kura di Sungai Raya Kepulauan Bengkayang

Sunset di Pantai Kura-kura Bengkayang

Pantai Kura-kura yang terletak di Tanjung Gondol Kecamatan Sungai Raya Kepulauan Kabupaten Bengkayang memang termasuk salah satu pantai yang cukup indah di daerah Pantai Utara Kalimantan Barat. Baru-baru ini pintu masuk menuju pantai dibangun sebuah patung kura-kura yang cukup besar. Seperti kura-kura ninja, sang kura-kura berdiri di tepi jalan raya menuju Kota singkawang jika kita melakukan perjalanan dari Ibu Kota Provinsi. Berjarak kurang lebih 115 Km dari Kota Pontianak tempat ini cukup mudah didatangi sekitar 3 jam perjalanan menggunakan motor. Saat memasuki pos masuk di bagian dalam kita akan dipungut biaya masuk Rp 5000 - Rp 10.000.
Patung Kura-kura di jalan masuk menuju Pantai Kura-kura

Pantai ini belum banyak pembangunan seperti pantai lainnya kecuali Pembangkit Tenaga Listrik, dan beberapa warung serta pondok kecil (saung) yang sengaja dibuat menggunakan bahan alami berupa kayu dan bambu berderet rapi di sepanjang tepi pantai untuk tempat berteduh dan menikmati pemandangan. Mengapa disebut pantai Kura-kura? Menurut cerita, dahulu sebelum adanya pemukiman penduduk yang ramai seperti sekarang pantai tersebut menjadi tempat persinggahan penyu untuk bertelur. Namun seperti yang kita ketahui penyu tidak akan pernah mau datang ke tempat yang ramai penduduk dikarenakan kura-kura laut ini sangat sensitif terhadap cahaya. Di balik pantai yang indah kini terdapat sejarah satu spesies makhluk hidup yang kehilangan tempat mereka untuk bertelur.
Saat memasuki jalan menuju pantai kita akan disuguhkan pemandangan Bukit Temenung yang baru-baru ini juga menjadi tempat hiking yang diburu penikmat alam untuk menikmati pemandangan yang indah dari puncak bukit, bukit yang memiliki hamparan ilalang di bagian atasnya akan terlihat lebih indah jika kita mengambil gambar dengan latar belakang lautan yang membiru di bagian bawah dengan pasir pantai yang memanjang. Setelah melewati pemukiman penduduk, pemakaman muslim dan beberapa perkebunan kita akan melihat beberapa pohon palm juga tampak menghiasi tepian pantai. Saat kita memasuki area pantai kita akan melihat beberapa warung-warung kecil yang menjual makanan ringan dan minuman hangat maupun dingin, tampak beberapa kamar kecil juga tersedia di beberapa tempat.
Tanjung Batu Belat di Pantai Kura-kura 

Bagi yang inginkan tempat untuk menginap di ujung pantai terdapat sebuah penginapan sederhana, Batu Belat namanya. Batu Belat merupakan nama sebuah tanjung yang berbatu-batu terletak di tempat yang sepi biasanya dijadikan para pemancing untuk memancing udang. Di sini kita bisa menikmati sunset dan pemandangan Pulau Kabung di seberang lautan. Saat di musim tertentu air yang terlihat membiru dan sangat jernih, hanya ada sebuah warung kecil di sini. Sepetak tanah yang dihiasi pohon cemara serta bebatuan yang tampak menghiasi tepian pasir. Untuk mencapai ke tempat ini kita akan melipir ke tepi bukit yang sangat terjal namun masih bisa dilewati menggunakan roda empat walaupun sangat sempit. Untuk mendaki ke Bukit Temenung kita juga harus melewati jalan ini. Pantai ini sangat cocok dijadikan tempat untuk camping, hiking, berenang, memancing maupun sekedar menikmati pemandangan. Saat melakukan perjalanan ke daerah Sambas maupun Singkawang sangat dianjurkan untuk singgah melepas penat sambil menikmati pantai.

Freelance Travel Guide | Love Traveling | An easy going Travelmate | MAPALA UNTAN's Srikandi

7 comments

Kura kura beach membuat penasaran. Banyak kura-kura kah di sana?

Menurut cerita dulu dijadikan Kura-kura laut (penyu) sebagai tempat bertelur bang. :)

Sepetinya perlu mencoba berkunjung nh ke kura kura beach nh...
Thnks infonya .....

Harus berkunjung karna tidak akan mengecewakan :) Sama-sama.

ajakin aku dong klo jalan jalan ke pantai, aku penggemar sunset niiiiiih

Yuk atur schedule kita. Kita berburu sunset dan sunrise.. :)


EmoticonEmoticon