Sunday, 4 December 2016

Wisata Hutan Bakau Setapuk Besar Singkawang

Setelah kemaren sempat singgah di Mempawah Mangrove Park (MMP), saya kembali tergelitik ingin singgah di taman mangrove lainnya yang berada di daerah Singkawang, taman berbasis eduecowisata ini tepatnya berada di desa Setapuk Besar, Singkawang Utara. Mendengar cerita dari sepupu saya yang bersekolah tidak jauh dari tempat taman mangrove tersebut, hanya bermodalkan sebuah sepeda motor saya dan seorang teman berkunjung ke sana. Jika di Mempawah Mangrove Park kita akan dipungut biaya Rp 5000 rupiah, maka di sini kita masih belum dipungut biaya dikarenakan belum rampungnya pembangunan. Jarak tempuh hanya 10 menit perjalanan menggunakan motor dari tanah kelahiran saya yaitu Selakau. Masuk jalan setapak kecil lalu berlanjut dengan jalan alami tanah perkebunan yang kebetulan kering di musim kemarau. Perjalanan masuk yang hanya beberapa menit disambut jembatan semi gantung besar dan tinggi yang dicat berwarna-warni. Tampak mencolok ditengah rimbunnya mangrove dan air sungai yang sedikit keruh bermuara ke laut.
Jembatan wisata hutan mangrove Setapuk Besar
Di atas jembatan Wisata Bakau Setapuk
Turunan menuju jalan setapak di Hutan Mangrove Setapuk, Singkawang
Jembatan Hutan Bakau Setapuk yang penuh warna
Sedikit yang bisa saya gambarkan tentang taman mangrove ini yang kebetulan sedang masa pembangunan. Jalan memanjang yang lebih banyak menggunakan semen menggantung, kayu juga bambu. Diujung jalan setapak yang berujung ke laut tampak sebuah menara (tower) yang terbuat dari kayu juga dicat dengan warna-warna senada yang kami temui sebelumnya. Beberapa petani mangrove tampak sibuk menanam bibit mangrove di tepi laut. Hamparan cikal bakal pohon yang nantinya tumbuh dengan banyak manfaat itu tampak menghijau dan menyejukkan mata di bawah sinar matahari yang menyengat. Saat kami pulang ada dua orang ibu setengah baya yang juga datang berkunjung bersama anaknya dan seorang TNI yang merekam perjalanan beliau dan berkenalan dengan kami sebentar. Setelah mengambil beberapa foto sebagai penghias tulisan saya kelak, maka kami pun bergegas untuk ke tempat wisata lainnya di Kota Singkawang.
Wisata Hutan Bakau Setapuk Besar, Singkawang
Mangrove yang masih muda di Hutan Bakau Setapuk
Mangrove di Hutan Bakau Setapuk

Freelance Travel Guide | Love Traveling | An easy going Travelmate | MAPALA UNTAN's Srikandi

2 comments

Hits ye... dimane mane pada lomba lomba buat taman mangrove. bagus untuk kesehatan lingkungan, mudah2an terus terjaga dengan baek ye

Iya bang. Wisata berbasis edukasi lingkungan sangat penting zaman sekarang. Bisa diserap dikalangan semua umur. :)


EmoticonEmoticon